Thursday, February 26, 2015

liken (lichen)



Liken (Lichen)
                Liken adalah asosiasi fungi dan alga. Fungi yang berasosiasi ini dapat berupa ascomycete/basidiomycete. Sedangkan alganya berupa alga blue-greem/alga hijau. Asosiasi ini berupa parasitisme/mutualisme. Asosiasi parasitisme, sel alga mati akibat fungi. Asosiasi mutualisme akan menguntungkan keduanya berupa fungi mendapat nutrisi dari alga, sedangkan alga mendapat perlindungan dari fungi. Alga yang terlindungi merupakan alga yang kecil. Liken memiliki toleransi pada kondisi yang tak menguntungkan seperti kekeringan, artic cold dan habitat bare rock. Dengan toleransi yang tinggi liken merupakan pioner pada bebatuan yang tersingkap dan permukaan tanah.
                Liken memiliki lapisan atas kortek yang merupakan lapisan pelindung luar yang merupakan hifa gelatin pada fungi dan bersama mempererat. Secara umum liken berasosiasi dengan alga hijau uniseluller. Badan liken (thallus) terbuat dari medulla dengan hifa yang bebas menjalin. Medulla akan menahan kelembaban dan menyimpan makanan.
Sumber:
Campbell,  N. A., J. B. Reece, L. A. Urry, M. L., Cain, S. A. Wasserman, P. V. Minorsky, & R. B. Jackson. 2010. Biologi. Erlangga. Jakarta.
Glimn-Lacy, J. And P. B. Kautman. 2006. Botany illustrated introduction to plant, major groups, flowering plant families. 2nd ed. Springer. New York.

No comments:

Post a Comment