Wednesday, July 8, 2015

SPF vs PA

SPF vs PA
                Mungkin kita telah tidak asing lagi dengan produk kecantikan dengan kandungan SPF. Bagaimana dengan PA? Lebih baik menggunakan PA atau SPF? Didalam media dan iklan di televisi serta keterangan dalam produk kecantikkan, SPF-lah yang sering diandalkan. Sedangkan hanya sedikit produk kecantikkan yang mengandung PA. Lebih penting manakah?
                PA dan SPF sama-sama diperlukan pada kondisi cuaca dan iklim sekarang, akan tetapi kita perlu lebih mementingkan kandungan PA. Kenapa? Hal ini dikarenakan pada daerah kita yang tropis, sinar UV yang masuk paling banyak adalah UV A. Dan produk mengandung PA-lah yang diperlukan untuk membantu kulit mengurangi dampak sinar UV A. Sedangkan SPF akan membantu kita mengurangi dampak sinar UV B.
                Maka dari itu, bila anda hidup di daerah tropis, pilihlah produk dengan kandungan PA. Produk dengan kandungan PA akan mencantumkkan tanda ‘+’. Kandungan PA akan lebih banyak pada produk yang menulis tanda’+’ lebih banyak. Contohnya PA+++. Kemudian setelah anda memilih produk yang mengandung PA, selanjutnya anda memilih produk yang mengandung SPF. Beberapa lation serta pelembab wajah telah mengandung PA++ serta SPF. Dan ingat ketika anda ingin putih, pakailah produk berPA+++ karena negara tropis lebih banyak sinar UV A yang masuk.


Sumber: kuliah pencemaran dan toksikologi lingkungan 2015  biologi UGM

No comments:

Post a Comment