Sunday, June 28, 2015

Sebuah Essay Tentang Kepemimpinan

Sebuah Essay Tentang Kepemimpinan
Semua orang pasti memiliki sifat kepempinan walau hanya sedikit. Akan tetapi tidak semua orang bisa memiliki sifat pemimpin yang baik. Padahal dengan sifat kepemimpinan sangat dibutuhkan disetiap bidang untuk mendukung bidang itu berjalan baik dan lebih baik. Setiap orang memiliki kesempatan menjadi pemimpin tetapi hanya segelintir orang saja yang mau. Sering kita lihat di lingkungan kita,orang yang ditunjuk menjadi pemimpin akan menunjuk orang lain untuk menggantikannya atau malah menolak. Sehingga proses mencari pemimpin itu memakan waktu yang lama. Mungkin mereka tahu bahwa menjadi pemimpin itu berat dan harus menanggung beban. Bisakah kita bayangkan tak ada pemimpin dibidang yang kita geluti? Tentu akan sangat merepotkan.
Ada alasan-alasan seseorang menjadi pemimpin,alasan-alasan tersebut membuat kita mengikuti mereka entah dengan senang hati atau berat hati. Karena menjadi pemimpin yang baik membutuhkann proses yang lama. Tapi tak jarang kita melihat sifat kepemimpinan itu datang dengan sendirinya pada suatu individu yang masih kecil. Kepemimpinan yang seperti itu merupakan anugrah dari Sang Pencipta. Seseorang menjadi pemimpin karena memiliki alasan-alasan seperti:
a.       Jabatan
Seseorang menjadi pemimpin karena jabatan yang diterima dari orag yang memiliki jabatan yang lebih tinggi dari dia. Tetapi,orang yang menjadi pemimpin karena jabatan belum tentu memiliki kepemimpinan yang baik. Orang yang hanya menjadi pemimpin tipe ini,hanya sedikit orang yang menyukai dan mendukungnya. Saya pernah mendengar cerita tetang seorang kepala sekolah,orang ini merupakan tipe pemimpin yang hanya memiliki jabatan. Secara pasti saya tidak tahu hasil kerjanya,tapi anak buahnyalah yang selalu mengerjakan tugas-tugasnya sehingga rata-rata anak buahnya tidak menyukai beliau,bahkan warga sekitar tidak mendukung kerjanya hal ini kemudian mengefek dengan sedikitnya murid yang mendaftar di sekolah yang dia pimpin.
Seorang pemimpin yang seperti ini malah justru memperepot orang-orang disekitarnya. Pemimpin dengan tipe ini mungkin adalah orang yang tidak mengerti perintah dari atasan dan tidak tahu bagaimana memberi perintah pada bawahnya dengan baik
b.      Hubungan
Manusia menjadi pemimpin orang lain karena orang itu memiliki hubunngan baik dengan seseorang yang memiliki jabatan lebih tinggi dari dia.. misalnya disebuah perusahaan,anak dari pemilik perusahaan membutuhkan pekerjaan. Akhirnya orang tua anak itu mengangkat anaknya menjadi pemimpin bagian departement. Padahal anaknya itu belum memiliki soft skill yang cukup sehingga kerja bawahaannya menjadi kacau.
c.       Produksi/hasi
Pemimpin yang bekerja dan membuahkan hasil yang baik sampai akhir masa jabatannya akan dihormati dengan bawah,rekan serta pemimpinan. Misalnya,seorang kepala sekolah baru,bekerja di sebuah sekolah dasar dan bekerja keras membuat sekolah tersebut layak. Sekolah tersebut diperjuangkan hingga siswanya mendapat beasiswa,renovasi sekolah. Dan ketika kepala tersebut pindah kerja,sampai saat ini bawahannya masih menganggap orang tersebut sebagai atasannya.
d.      Mencetak pemimpin lainnya
Pemimpin yang sangat sulit ditemukan adalah pemimpin yang dapat mendidik orang lain untuk menjadi pemimpin. Semua orang mungkin bisa mendidik,akan tetapi tidak semua orang dapat mendidik pemimpin yang berkualitas
e.      Karismatik
Seorang pemimpin yang seperti ini sangat jarang sekali kita temui. Ini merupakan awan di atas awan pemimpin. Pemimpin yang seperti ini membutuhkan pengalaman yang tidak sedikit.
Pemimpin yang berkompeten bisa mengevakuasi pekerjaan dan menilai bawah yang mampu mengerjakan suatu pekerjaan. Seorang pemimpin juga harus bisa menjaga sopan santun,tidak peduli dengan bawah atau atasannya. Alahkan indahnya ketika kita menerima ucapan terima kasih dari pemimpin kita setelah mengerjakan tugas yang didapat.
Seorang pemimpin juga akan membangkitkan semangat kepada bawahnya dengan memberi kata-kata motivasi,membuat bawahanya mengembangkan hal-hal lama juga menumbuhakan ide-ide kreatif.
Dan ketika dunia berkata tidak padamu,katakan YA pada dirimu sendiri maka dunia akan melunak padamu.

Dapus

Newton, C. 2007. Nothing to Somethig. Baca.yogyakarta.

No comments:

Post a Comment