Saturday, January 31, 2015

Waduk



Waduk
                Waduk dibuat dengan tujuan menyediakan air untuk publik,mengkontrol banjir,memproduksi listrik,irigasi,navigasi,berternak organisme aquatik dan rekreasi. Masalah mengenai waduk buatan berupa eutropikasi sering muncul dan disebabkan oleh anthropogenik,seperti timah dalam perubahan jumlah banyak merubah struktur dan dinamika komunitas fitoplankton. Alga bloom dapat membahayakan kualitas dan konsekuensi kesehatan pada manusia dan hewan.
Kondisi klimat yang menguntungkan dapat perkembangan fitoplankton dan menaikkan eutrofikasi badan air menuju menuculnya spesifik group invansi mengalami bloom. Waduk yang mendapat materi organik dan limbah agricultural termasuk tipe eutropik.
Saat densitas menurun suhu akan meningkat. Air panas akan melapisi air dingin dan menciptakan gradien horizontal densitas yang menahan pencampuran vertikal dan menignkatkan stabilitas kolom air. Stratifikasi suhu dan pencampuran regim danau mempengaruhi stabilitas kolom air,ketersediaan nutrien dan cahaya saat waktu berbeda serta kominutas struktur juga kemelimpaha plankton pada badan air(Suthers and Rissik, 2009).
Sumber:
Lira,G. A. S. T.,E. L. Araujo,M. D. C. Bittencourt-Oliveira,and A. N. Moura. 2011. Phytoplankton abundance, dominance and coexistence in an eutrophic reservoir in the state of Pernambuco, Northeast Brazil . An Acad Bras Cienc.83(4):1313-1326
Suthers,I. M. And D. Rissik. 2009. Plankton A Guide to Their Ecology and Monitoring for Water Quality. CSIRO Publishing. Coollingwood VIC. p.27

No comments:

Post a Comment