Wednesday, January 21, 2015

difusi



DIFUSI
                Difusi merupakan pepindahan zat dengan/tanpa melewati membran dari daerah konsentrasi tinggi ke daerah konsentrasi rendah yang akan berakhir ketika konsentrasi sama yang terjadi secara spontan. Geraknya ion/molekul berlawanan arah dengan kecepatan gerak yang sama.Difusi termasuk transpor melalaui membran sel yang tidak menggunakan energi.
                Terdapat difusi lain yaitu difusi yang dipermudah/dibantu,merupakan difusi yang melibatkan membran permeabel selektif. Proses difusi ini dipermudah dengan adanya protein yang berfunsi debagai pengangkut. Walaupun substansi yang menembus membran plasma memiliki molekul besar dan tak larut dalam pelarut lemak,molekul itu dapat berdifusi menembus membran. Kecepatan gerak molekul difusi dipermudah lebih cepat dibandingkan dengan difusi biasa,tetapi kecepatan gerak molekul bergantung dari:
a.       Perbedaan konsentrasi pada kedua membran
b.      Jumlah pengangkut
c.       Kecepatan pengangkut yang akan mengikat substansi-subtansi yang diangkut.

Dapus
Campbell,dkk. 2010. Biologi. Erlangga. Jakarta.
Pratiwi,dkk. 2007. Biologi untuk SMA XI. Erlangga. Jakarta.
Wulangi,Kartolo S. 1993. Prinsip-Prinsip Fisiologi. Hewan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

No comments:

Post a Comment