Saturday, January 31, 2015

MAKROEVOLUSI

MAKROEVOLUSI

Makroevlusi memfokuskan pembentukan kelompok taksonomi baru di atas tingkat spesies. Makroevlusi memeliki definisi yang bervariasi,contohnya:
a.       Menurut NABT (2006): merupakan studi evolusi dari waktu ke waktu geologi(ribuan sampai jutaan tahun).
b.      Menurut Carrol (2001): merupakan perubahan suatu spesies di tingkat lebih atas dari spesies serta pembentukan spesies yang identik dengan morfologi evolusi.
c.       Menurut Levinton (2001): studi yang berkaitan ekologi  dengan skala waktu ekologi dan tersedia hanya penelitian paleontologi sejarah perubahan.
Mekanisme makroevolusi sama seperti mikroevolusi. Mekanismenya berupa:
a.       Mutasi
Merupakan perubahan sekuens nukleotida dari DNA makhluk hidup. Mutasi dapat menyebabkan individu bertahan dan tetap ada dalam genetik drift atau dapat juga menyebabkan tak bertahan. Hal ini karena mutasi bersifat netral,merugikan dan menguntungkan. Merugikan bila organisme yang mengalami mutasi tidak dapat bertahan hidup pada seleksi alam. Mutasi netral dapt juga hilang akibat genetik drift. Sedangkan mutasi menguntungkan akan ada karena dapat bertahan dari seleksi alam.
b.      Migrasi
Pindahnya spesies dari habitat ke habitat lain.
c.       Genetic drift
Adalah berfluktuasinya frekuensi alel secara tak terduga dari generasi ke generasi berikutnya. Misalnya terdapat bunga dengan alel CR dan CW. Ketika individu memiliki CRCR bunganya berwarna merah,CRCW berwarna pink dan CWCW berwarna putih.
 
Secara mengejutkan terdapat alel yang hilang dari gen pool. Bunga dengan fenotip CWCw dapat hilang akibat peristiwa yang berkaitan dengan survivalship dan reproduksi. Hewan dapat saja menginjak bunga CWCW sehingga bunga tersebut mati sebelum bereproduksi sehingga hilanglah alel CW dalam gen pool.
d.       Seleksi alam
Adalah penggabungan antara kebetulan dan ‘pemilihan’ yang sehingga secara kebetulan terbentuk variasi genetik baru(dari mutasi) dan pemilihannya menggunakan seleksi alam karena alel-alelnya lebih  menguntungkan daripada alel lain. Sehingga makhluk hidup berevolusi secara adaptif karena alel yang tidak menguntungkan hilang dan tersisa alel yang menguntungkan.



Pola makroevolusi:
Stasis: 
      Banyaknya keturunan yang disimbolkan dengan cabang pada pohon statis pemeran kehidupan menunjukkan mereka tak banyak berubah dalam waktuyang lama
      Beberapa garis keturunan berubah sedikit dalam waktu lama sehingga disebut fosil hidup. Contohnya adalah Coelacanth yang merupakan ikan yang berada di cabang pohon evolusi dekat dengan clade vertebrata. Hingga tahun 1938 ilmuawan berpikir coelacanth telah punah 80 juta tahun lalu tapi ditemukan kembali tahun itu dalam keadaan hidup dan membentuk populasi di Samudra Hindia. Ikan yang ditemukan itu sangat mirip dengan fosil nenek moyang sehingga garis keturunan Coelacanth merupakan contoh pemeran pada sekitar 80 juta tahun dari stasis morfologi.   

Perubahan karakter 
      Bintang dapat berubah secara cepat/lambat. Perubahan karakter dapat terjadi searah,seperti yang berkembang segmen tambahan atau bisa mundur sendiri dengan mendapat dan kehilangan suatu segmen. Perubahan terjadi pada garis keturunan tunggal/beberapa keturunan. 
      Pada keturunan A berubah secara cepat dengan arah tak beraturan. Sedangkan keturunan B berubah secara lambat dan memiliki arah perubahan.
      Contoh: hewan trilobita merupakan hewan clade sama seperti serangga dan krustasea modern hidup lebih dari 300 tahun yang lalu. Catatan fosil menunjukkan beberapa garis keturunan mereka terjadi peningkatan perubahan di nomor segmen selama jutaan tahun lalu. 
Spesieasi 
      Merupakan pola garis keturunan yang terspesialisasi dapat diidentifikasi dengan membangun dan memeriksa filogeni. Filogeni A mengungkapkan garis keturunan tertentu sering mengalami perubahan dan keturunanya pun banyak seperti pada cabang pohon (clade A ada di bawah). Kemungkinan mengungkapkan garis keturunan mempunyai tingkat rendah keturunan-membelah diwakili oleh cabang panjang dengan sedikit sekali ranting dari clade B dibawahnya. Kemungkinan lain mengungkapkan beberapa garis keturunan mengalami ledakan keturunan yang membelah di waktu sama clade C dibawah.  
Kepunahan 
      Kepunahan penting pada sejarah kehidupan. Kepunahan dapat menjadi sebuah peristiwa langka/sering pada garis keturunan,peristiwa ini dapat juga terjadi bersamaan di banyak garis keturunan(kepunahan masal). Setiap keturunan mempunyai kesempatan untuk punah. Beberapa spesies berakhir di slot di roda roulette lebih dari 99% dari spesies yang pernah hidup di bumi telah punah. Pada gambar diagram pemotongan kepunahan massal pendek tahan dari banyak spesies hanya tiga bertahan hidup. 
Sumber:
Maridi. MAKROEVOLUSI. fpk.unair.ac.id/webo/iad/4.evolusi_DWK/EVOLUSI%20baru.doc. diakses pada tanggal 30 Juni 2014 pukul 21.32
Campbell,N.A.,J. B. Reece,L. A. Urry., M. L. Cain,S. A. Wasserman, P.V. Minorsky and R. B. Jackson. 2008. Biologi jilid 2. 8th ed. Erlangga. Jakarta.
Anonim. What is macroevolution? http://evolution.berkeley.edu. Diakses tanggal  27 Juni 2014 pukul 6.15.
 maaf formatnya jelek :(


No comments:

Post a Comment