Saturday, January 31, 2015

FOTOSINTESIS di PERAIRAN



FOTOSINTESIS di PERAIRAN
                Cahaya menyediakan energi untuk proses fotosintesis. Tetapi tak semua  badan air terkena sinar matahari. Badan air yang terkena sinar matahari disebut euphotic/zona photic. Kedalaman saat oksigen diproduksi oleh alga dan dalam keadaan setimbang saat respirasinya disebut sebagai kedalam konpensasi. Sedangkan zona aphotik merupakan zona dimana respirasi melebihi produksi oksigen dan area ini tak tersentuh cahaya matahari. Cahaya yang datang ke badan air dapat berkurang akibat adanya sedimen yang akan mempengaruhi produktivitas primer (Dodds,2002).
                Ketika fotosintesis tejadi pada  laju tinggi, produksi oksigen lebih dan keluar dari sistem dengan cara difusi. Gelembung  udara muncul karena supersaturation. Pada filamen alga hijau,gelembung udara muncul dan mengapung menuju ke permukaan.
                Ketika fotosintesis di air,pH dan DO meningkat. Oksigen dengan laju tinggi terjadi pada danau eutropik karena adanya fotosintesis alga.

Beberapa kejadian energi solar jatuh pada danau tak masuk ke air tapi terefleksi oleh permukaan air. Jumlah refleksi bergantung pada induksi gangguan angin di permukaan air dan sudut cahaya. Komponen refleksi relatif tinggi saat pagi hari dan sore. Jumlah penetrasi cahaya meningkat(pagi) atau menurun (sore) secara proporsional  meningkat daripada jumlah total yang jatuh ke air. 
Sumber:
Dodds, W. K. 2002. Freshwater Ecology Concepts and Environmental Applications. Academic Press.New York. p.291
Goldman,C. R. And A. J. Horne. 1983. Limnology. McGraw-Hill. New York. p.97-98
p.46,48.49

No comments:

Post a Comment