Saturday, January 31, 2015

Zooplankton



Zooplankton
            Zooplankton terdiri dari protozoan,rotifer dan crustacea (cladosera,cyclopoid dan calanoid copoped). Zooplankton merupakan sumber makanan penting bagi invertebrata dan ikan. Zooplankton berperan dalam kualitas air,eutropikasi,polusi dan produktifitas.
            Zooplankton dapat menyebar saat berada dalam periode dormansi. Spesies seperti cladosera,copepods,rotifer dan ciliares dapat bertahan dikondisi tak menguntungkan dengan periode dormansi.  Adaptasi zooplankton pada lingkungan perairan berupa reproduksi cepat,ukuran kecil dan formasi spine. Zooplankton bermigrasi secara vertikal ke kedalaman air saat siang hari dan tendensi trasnparan mengurangi predasi dari ikan dan hewan lain.
Sumber:
YIGIT,S. 2004. Abundance and Seasonal Variation of Cladoceran and Copepod Fauna of Kesikkopru Dam Lake in Turkey. Tarim Bilimleri Dergisi. 10(4):490-493.
SEEBENS,H.,U. Einsle and D. Straile. 2009. Copepod life cycle adaptions and succes in response to phytoplankton spring bloom phenology. Global Change Biology. 15(6):1394-1404.
Goldman,C. R. And A. J. Horne. 1983. Limnology. McGraw-Hill. New York. p.221

No comments:

Post a Comment