Wednesday, March 25, 2015

psikrofil, mesofil dan termofil serta range dan optimal temperatur.



1.      Pengertian psikrofil, mesofil dan termofil serta range dan optimal temperatur. Contoh mikrobia.
a.       Psikrofil merupakan organisme yang hidup baik pada suhu 15 - 20 C,  akan tetapi dapat tumbuh baik di suhu 0C.  Selanjutnya organisme ini dibagi menjadi obligate psikrofil dan fakultatif psikrofil. Organisme obligate psikrofil tak dapat hidup di temperatur di atas 20 C, contohnya: Bacillus globisporus. Organisme fakultatif psikrofil dapat tumbuh paling baik di bawah suhu 20C akan tetapi dapat hidup di atas suhu tersebut, contohnya: Xanthomonas pharmicola.  Organisme Psikrofil dapat diisolasi dari habitat artic dan antartika. Habitat organisme ini di tanah dan air bersuhu dingin.  Sell membrannya memiliki kadar asam lemak tak jenuh tinggi dan tetap semifluid saat dingin.
b.      Mesofil merupakan mikroorganisme yang tumbuh optimal pada suhu 20-45 C. Organisme ini dapat pada suhu minimum 15-20 C sedangkan suhu maksimum sekitar 45C. Patogen manusia merupakan organisme mesofil dengan lingkungan bersuhu tetap 37C.
c.       Termofil merupakan mikroorganisme yang memiliki pertumbuhan terbaik 55C. Organisme ini memiliki pertumbuhan terbaik pada suhu 50-60 C. Organisme termofil dapat mentoleransi suhu yang sangat tinggi seperti 110C. Organisme termofil dibagi menjadi termofil oblogate dan termofil fakultatif. Termofil oblogate hanya dapat tumbuh pada suhu di atas 37 C, sedangkan termofil fakultatif hidup pada suhu di atas dan dibawah 37C. Organisme yang termasuk termofil obligate contohnya Bacillus stearothermophilus.

No comments:

Post a Comment