Sunday, March 29, 2015

JAMUR

JAMUR
            Jamur sudah ada di bumi sejak 550 juta tahun yang lalu dan sekarang sudah dikenali 100.000 jenis jamur. Tubuh jamur disusun oleh benang-benang halus dan tipis yang disebut hifa. Jamur memiliki ciri-ciri tidak berklorofil,tidak dapat membuat makanan sendiri,tidak mempunyai akar,batang dan daun. Jamur biasanya hidup di daerah yang gelap dan lembab. Ada juga jamur yang hidup  pada tumbuhan atau hewan sehingga merugikan hewan atau tumbuhan tersebut disebut parasit. Sedangkan jamur yang hidup pada makhluk hidup yang telah mati disebut jamur saprofit. Makanan jamur berasal dari tumbuhan atau hewan yang hidup maupun sudah mati. Jamur berkembang biak dengan fragmentasi,bertunas dan dengan spora.
            Ada jamur yang melakukan kerja sama untuk bertahan hidup dengan ganggang membentuk lumut kerak atau liken yang disebut simbiosis mutualisme. Karena ganggang melakukan fotosintesi untuk membuat makanan yang akan dimakan ganggang dan jamur. Keuntungan ganggang yaitu jamur bertugas menjaga ganggang  tetap lembab. Sehingga ganggang dapat hidup di tempat yang banyak terkena cahaya matahari tanpa takut kekeringan.
            Jamur juga berperan sebagai pengurai. Jamur membantu membersihkan air atau tanah yang terkena polusi. Ada juga jamur yang beracun. Ciri-ciri jamur beracun yaitu:memiliki bau tidak sedap mengeluarkan getah putih dan jika diraba mudah hancur. Jamur juga dapat menyebabkan kita sakit seperti kadas,kurap,panu dan penyakit pernapasan. Jamur kulit menyebar melalui sentuhan kulit dan baju atau handuk yang dipkai bersama-sama.

            Jamur juga dapat digunakan sebagai obat. Antibiotik berasal dari zat yang dihasilkan oleh jamur. Pemakaian antibiotik harus tuntas, jika tidak bakteri yang ada akan menjadi kebal oleh obat antibiotik.

No comments:

Post a Comment