Thursday, May 21, 2015

Fermentasi

Fermentasi
Fermentasi karbohidrat merupakan proses dengan molekul organik yang berperan sebagai donor elektron dan satu atau lebih produk organik  yang merupakan aseptor organik akhir (Leboffe and Pierce, 2011).  Produksi priruvat merupakan produk awal dari fermentasi glukosa (Leboffe and Pierce, 2011).  Produk akhir fermentasi priruvat berupa asam, alkohol, H2 atay gas CO2 (Leboffe and Pierce, 2011). Mikrobia akan membuat produk yang spesifik bergantung pada spesiesnya (Leboffe and Pierce, 2011).
                Fermentasi asam homolaktik merupakan siklus metabolisme sederhana  asam pirivat  yang hanya menghasilkan asam lactic (Black, 2008) . Asam lactic merupakan hasil perubahan asam piruvat yang direduksi dengan elektron yang berasal dari NAD (Black, 2008). Fermentasi ini tidak menghasilkan gas (Black, 2008)..
                Fermentasi alkohol merupakan proses pelepasan karbondioksida dari asam piruvat menjadi bentuk asetaldehid yang akan tereduksi secara cepat menjadi etil alkohol dengan elektron yang berasal dari reduksi NAD (Black, 2008).
Sumber:
Black, J. B.  2008. Microbiology: Principles and Explorations. John Wiley and Sons. Hoboken, NJ.  p. 126


Leboffe, M. J. And B. E. Pierce. 2011. A Photographic Atlas for The Microbiology Laboratory. 4th Ed. Morton. Colorado. p. 71

No comments:

Post a Comment