Thursday, May 7, 2015

Fototropisme

Fototropisme
                Fototropisme adalah respons tumbuhan pada cahaya yang unilateral (Hopkins and Huner, 2009). Fototropisme termasuk respon pertumbuhan terhadap gradien cahaya (Hopkins and Huner, 2009). Sedangkan akar tumbuh menjauhi cahaya (fototropisme negatif).
Besarnya gradien cahaya melewati organ seperti koleoptile bergantung pada properti optik jaringan sebagai perbedaan insidental cahaya (Hopkins and Huner, 2009). Cahaya dapat ditipiskan dengan menyebarkan, merefleksikan atau difraksi dengan sel atau melewati antara sel (Hopkins and Huner, 2009).  Organ seperti koleoptil berfungsi sebagai penyalur cahaya
                Ketika radiasi telah melebihi batas ambang, kurva koleptil menuju ke sumber iluminasi (Opik & Rolfe, 2005). Ketika melebihi range batas, luasnya  kurvatur pertama adalah berhubungan dengan radiasi (Opik & Rolfe, 2005). Ketika radiasi meningkat, kurvatur pertama akan negatif dan selanjutnya akan positif.
            Auksin akan menyebabkan sel berada pada area teduh untuk memperpanjang sel lebih banyak dari sel yang berada di area terkena sinar. Dengan mekanisme tersebut batang memiliki memiliki respon fototropisme positif (Rand, 2001; Postlethwait and Hopson,2006). Selain auksin, fototropisme dapat terjadi karena tumbuhan memproduksi inhibitor pertumbuhan pada bagian yang terkena cahaya.
            Pigmen phototropins akan berperan dalam fotoresptor dengan mengabsorbsi cahaya biru dan  memicu respon fototropik dan respons cahaya biru lainnya
Sumber: a
Hopkins, W. G. And N. P. A. Huner. 2009. Introduction to Plant Physiology. 4th Ed. John Wiley and Sons. Hoboken, NJ. p. 392, 393
Rand, J. P. 2001. Plant Biology. IDG Books Worldwide. New York. P. 117
Opik, H. And S. Rolfe. 2005. The Physiology of Flowering Plants. 4th ed. Cambridge. Cambridge. P. 336
Postlethwait, J. H. & J. L. Hopson. 2006. Modern biology. Holt, Rinehart and Winston. New York. P. 636,
Solomon, E. P., L. R. Berg., & D. W. Martin. 2008. Biology. 8ed. Thomson Brooks/Cole. Davis. p. 790




No comments:

Post a Comment